Digemari, Rujak Buah Muntis Lirik Pasar Kuliner

Redaksi Singaraja FM 26/05/2017 0

Rujak Muntis olahan Warung Bule Singaraja.

SINGARAJAFM.COM,- Mengenal rujak buah, merupakan salah satu makanan yang cukup digemari dari berbagai kalangan. Sajiannya dengan paduan buah – buahan cukup menarik minat para pecinta rujak. Meski berbeda cara penyajian, akan tetapi tetap enak manakala dikonsumsi dengan bumbu khasnya dan rasa yang cenderung pedas.

Jika rujak yang paling sering kita jumpai adalah dari buah mangga, jambu, nanas dan lainnya. Nah berbeda dengan rujak olahan wirausaha muda Singaraja, bagi penggemar rujak ada baiknya mencoba rujak yang satu ini. “Rujak Muntis” dewasa ini menjadi rujak kekinian yang diolah oleh Warung Bule di kawasan Jalan Ahmad Yani Singaraja.

Dikatakan I Komang Adi Kurniawan penggagas olahan buah muntis menjadi rujak berawal dari tren rujak kekinian dari rambutan. Rujak muntis yang disajikan dengan sedikit kuah ini, cukup menggelitik di lidah. Bahkan rujak ini hanya bisa ditemukan menjelang malam hingga dini hari.

Warung Bule Singaraja yang juga merupakan anggota dari Wirausaha Muda Singaraja (WMS) ini menjual Rujak Muntis hanya Rp 8000 per porsi, cukup terjangkau bagi semua kalangan, bahkan dari mulai diperkenalkan, rujak muntis ini tidak pernah sepi peminat. “Awalnya kami juga kaget, kok mau mereka makan rujak malam-malam. Yah ini merupakan konsep kami, agar lain dari yang lain,” jelasnya.

Selain mengkemas buah buahan lokal seperti muntis untuk diolah menjadi rujak. Beberapa varian rujak juga dijual seperti rujak Kuah pindang, rujak sere metunu, rujak cuka tuwak, rujak asem, rujak asinan rambutan, dan rujak gula bali yang tidak kalah peminatnya.

Bersama dengan empat rekan lainnya, Komang Adi Kurniawan mencoba membuka usaha kuliner rujak dengan membuat menu spesial yang tengah disukai pelanggannya. Dikatakannya selain melihat peluang bisnis yang baik dikarenakan peminat rujak selalu ada, juga sebagsi bentuk rasa cinta akan buah lokal. Secara tidak langsung petani jeruk bali khususnya di Buleleng mampu terangkat perekonomiannya dengan memilih buah jeruk bali (muntis-red) sebagai bisnis kuliner.

Rujak muntis (jeruk Bali) ini mampu menarik konsumennya, bahkan paling sering diburu oleh pembeli. Dengan rasa buah muntis yang manisasanya serta campuran bumbu dan kuah pedas membuat siapa pun yang mencoba akan ketagihan. “Kami terus berinovatif agar para pelanggan selalu datang kembali, bahkan baru-baru ini kami juga tawarkan rujak buah naga, akan tetapi peminatnya masih sedikit,” ungkapnya.

Kata dia, mengomsumsi buah sangat penting bagi kesehatan. Meskipun dalam bentuk rujak asalkan tidak berlebihan tentu akan membawa manfaat yang baik pula. “Rujak kan bahan utamanya buah, orang juga punya cara tersendiri dalam menikmati buah, rujak salah satunya asalkan tidak berlebihan saja dan sampai saat ini respon masyarakat juga sangat bagus,” tandasnya. (SGR)

Leave A Response »