HUT ke 15 Singaraja FM Ingatkan Perjuangan Radio di Tanah Air

Redaksi Singaraja FM 27/02/2017 0

Asisten II Ida Bagus Geriastika bersama undangan tiup lilin bersama dalam acara puncak perayaan HUT ke 15 Singaraja FM dan HUT ke 7 paguyuban penggemar gending Bali (PPGB), Minggu (26/2) di halaman Singaraja FM.

BULELENG,singarajafm.com,- Suasana keakraban mewarnai puncak perayaan HUT ke-15 Singaraja FM. Belasan artis kenamaan Pop Bali yang hadir mendapat sambutan antusias fans Singaraja FM dan Paguyuban Penggemar Gending Bali (PPGB). Perayaan HUT ini sekaligus mengingatkan makna perjuangan radio-radio di tanah air di masa pergerakan melawan penjajah terutama dalam memproklamatirkan kemerdekaan RI.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST., diwakili Asisten II Setda Buleleng Ida Bagus Geriastika mengatakan, peran media komunikasi radio sangat berjasa dalam menumbuhkembangkan kedasaran senasib sepenanggungan dan menumbuhkan rasa nasionalisme. “Dari masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1920-an, media yang ada di Indonesia semata-mata untuk kepentingan Belanda. Begitu juga pada masa penjajahan Jepang tahun 1942, radio dimanfaatkan Jepang sebagai propaganda pemerintah penjajahan Jepang,” ucapnya, Minggu (26/2).

Lanjut Geriastika, ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh proklamator kemerdekaan RI Ir. Soekarno dan Moh Hatta, salah satu radio milik Jepang dipakai pemuda untuk menyiarkan berita proklamasi. “Sehingga dari itu era radio di Indonesia tumbuh menjadi radio perjuangan dan turut berjuang menjaga semangat kemerdekaan dan persatuan Indonesia,” imbuhnya.

Ia berharap semangat perjuangan kemerdekaan RI dapat dipertahankan selanjutnya oleh radio-radio di tanah air dan juga Singaraja FM. Semakin intens ke depannya memberikan edukasi, hiburan, informasi berita dan kritik membangun untuk daerah. Singaraja FM diharapkan mampu memberi pencerahan kepada masyarakat di Buleleng. “Semangat (perjuangan) ini kemudian diwariskan untuk radio-radio yang tumbuh setelahnya (proklamasi),” paparnya. (kmb)

Leave A Response »