Invetarisir Bangunan Tua di Buleleng Miliki Nilai Historis

Redaksi Singaraja FM 21/04/2017 0

Singarajafm.com.,- Sejumlah bangunan tua di Kabupaten Buleleng, menjadi peninggalan kolonial Belanda dan mempunyai nilai-nilai historis tinggi. Sayangnya peninggalan rumah tua atau bangunan unik buatan kolonial Belanda belum seluruhnya terinvetarisir dan membutuhkan perhatian pemerintah.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Putu Tastra Wijaya, Kamis (20/04/2017) mengatakan, bangunan tua dimiliki Bali Utara harus dilestarikan dan dirawat dengan benar. Sebab, cukup banyak nilai-nilai historis yang terkandung dalam peninggalan bangunan tua. Sejarahnya erat sejak jaman Belanda, menginjakkan kaki di pesisir Bali Utara. Dulunya Buleleng dikenal memiliki pelabuhan laut, dan digunakan Belanda untuk menurunkan bahan-bahan baku makanan dan rempah-rempah.

Ke depannya, Tastra Wijaya akan melakukan invetarisir bangunan tua peninggalan Belanda. Selanjutnya dapat usulkan sebagai cagar budaya. Dengan demikian usulan bantuan diajukan ke pemerintah pusat atau daerah, idealnya bila disetujui dapat membantu perawatan bangunan tua di Buleleng.(sgr)

Leave A Response »