Lapas Singaraja Perlu CCTV Tambahan

Redaksi Singaraja FM 05/10/2016 0

kepala-lapas-kelas-ii-b-singaraja-sutarno-1Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja, Sutarno, Bc, IP, SH, MH.

BULELENG,singarajafm.com,- Peningkatan keamanan di Lapas Kelas II B Singaraja, belum dilengkapi CCTV di beberapa titik. CCTV sebagai penunjang pengawasan diperlukan penjaga yang bertugas di lapangan. Setiap harinya warga binaan dikunjungi pembesuk dari keluarga atau kerabat dekat. Lapas idealnya memiliki CCTV tambahan mencegah tindak kriminal tidak diinginkan. “Kami sudah ajukan berkali-kali mengenai CCTV di Lapas Kelas II B Singaraja. Pengajuan terkait belanja modal dan tidak bisa diusahakan sendiri. Secara lisan di Dirjen Pemasyarakatan, kami rencananya akan didroping CCTV dari pusat. Semua kebutuhan di sini dikoneksikan ke pusat,” ucap Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja, Sutarno, Bc, IP, SH, MH., dikonfrimasi, belum lama ini.

Ia menambahkan, penetapan peletakan CCTV berada di delapan titik. Pihaknya menilai pengajuan terhadap CCTV makin mempertebal pengawasan di lapangan. Pengalamannya bertugas di Rutan Salemba yang pernah mencapai jumlah 5000 warga binaan, diawasi betul dengan bantuan CCTV. “Kalau secara tata letak dan kebutuhan CCTV, kami hanya perlu delapan buah CCTV untuk delapan titik di Lapas Kelas II B Singaraja. Hal ini sangat penting untuk pengawasan,” tambah pria asal Solo ini.

Sutarno berharap Lapas Kelas II B Singaraja mampu menjadi tempat warga binaan dengan pengawasan representatif. Pihaknya pun tidak mau kecolongan apabila terjadi persoalan semisal warga binaan kabur atau penyelundupan narkotika ke tengah lapas. “Ya kalau ada lebih CCTV kan jadi lebih bagus jadinya. Terutama di jalan depan lapas dan depan gerbang untuk antisipasi hal-hal tidak dinginkan. CCTV dapat membantu kinerja kami di lapangan,” demikian Mantan Kepala Rutan Boyolali Jawa Tengah ini. (kmb)

Leave A Response »