Pemerintah Implementasikan Semangat Kemerdekaan RI Ke-72 Tahun

Redaksi Singaraja FM 02/08/2017 0

Interaktif panitia hiburan rakyat dalam HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72 tahun bersama Panitia Gerak Jalan Koni Buleleng, Rabu (2/8) kemarin.

SINGARAJAFM.COM,- Setiap Agustus diperingati sebagai bulan kemerdekaan. Peringatan dapat berupa upacara atau memasang atribut bendera merah putih. Semangat kemerdekaan demikian dipupuk Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan mengedepankan rasa nasionalisme antar individu masyarakat.

Asisten I bidang pemerintahan Kabupaten Buleleng, Made Arya Sukerta, SH., MH., mengatakan, dalam momentum merayakan kemerdekaan RI ke-72 tahun dengan tema Indonesia Kerja Bersama. Ia mengajak masyarakat Buleleng agar semakin peduli, dan menyadari arti kemerdekaan sesungguhnya. Kemerdekaan dimaksud bukan hanya dalam ucapan melainkan pelaksanaan dan hati sanubari individu. “Substansi peringatan hari kemerdekaan ke-72 kita ingin menginisiasi. Bahkan, pemerintah pusat mulai tanggal 1-31 Agustus ditetapkan sebagai bulan kemerdekaan. Kalau kita lihat pelaku sejarah mulai sedikit berkurang. Kita yang mewarisi kemerdekaan mari kita inisiasi selalu di dalam hati dan jiwa kita. Semangat kemerdekaan harus ada di hati kita,” ujar Arya Sukerta, Rabu (2/8) kemarin.

Semangat pejuang di jaman kolonial penjajahan perlu diapresiasi. Sebaliknya generasi muda kini patut memacu diri, tidak malas, dan terus belajar demi kehidupan lebih baik. Semangat nasionalisme di setiap kantor pemerintahan salah satunya dengan menghidupkan lagu-lagu kemerdekaan RI, menghias kantor dengan simbol warna merah putih. “Semangat kemerdekaan kita isi dengan rasa nasionalisme dan patriotisme untuk apa? Tentu untuk mengisi kemerdekaan. Kita tidak boleh menjadi bangsa yang lesu, harus semangat terus. Maka, Pemkab oleh Bapak Bupati telah membuat edaran kepada organisasi perangkat daerah (OPD), di setiap instansi untuk dikumandangkan lagu-lagu kemerdekaan,” paparnya.

Camat Buleleng Dewa Made Ardika, menjelaskan, dalam peringatan hari kemerdekaan RI ke-72 tahun melalui pameran pembangunan oleh (Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buleleng) dan hiburan rakyat (Camat Buleleng). Pelaksanaan hiburan rakyat sendiri akan dilakukan di lapangan Gor Bhuana Patra, Singaraja, mulai Senin (14/8) sampai pada Minggu (27/8) depan. Selain hiburan rakyat, juga terdapat panjat pinang dengan hadiah-hadiah utama yang sangat menarik. “Menyongsong HUT Proklamasi ke-72 tahun, salah satunya di isi hiburan rakyat. Setiap tahun kita laksanakan hiburan rakyat, tahun ini akan dilakukan selama dua Minggu event hiburan rakyat. Kami tampilkan kesenian tradisional seperti joged mebarung, genjek, band lokal dan lainnya,” demikian Ardika.

Leave A Response »