Polisi Tertibkan Penduduk Non Permanen di Desa Bungkulan

Redaksi Singaraja FM 28/04/2017 0

Pemeriksaan terhadap penduduk pendatang yang dilakukan oleh aparat kepolisian.

Singarajafm.com,- Polres Buleleng melakukan upaya penertibkan terhadap penduduk pendatang atau non permanen, Kamis (27/4) pukul 09.15.

Babhinkamtibmas Desa Bungkulan Brigadir I Putu Harisandy Mahayuda, bersama Pecalang, Linmas dan Aparatur Desa Bungkulan mendampingi kegiatan pengecekan penduduk non permanen di desa Bungkulan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dipimpin Kasi Kerjasama Nyoman Maryana dengan 10 anggotanya.

Sidak dilakukan di dua tempat yakni di Banjar Dinas Dauh Munduk dan Banjar Dinas Sema, telah mendapatkan hasil sejumlah 24 penduduk non permanen.

Rincian terdata sebagai berikut:
– Tanpa pelanggaran memiliki KTP 6 orang.
– Penduduk Non Permanen status melanggar sebanyak 18 orang, dirinci :
– Tanpa KTP / identitas diri 1 orang
– Tanpa SKLD (Surat Keterangan Lapor Diri) 15 orang.
– SKLD mati 2 orang.

Tidak ketinggalan, penduduk non permanen agar melaporkan diri ke Pemerintahan Desa dan mengurus SKLD kemudian rutin dilaporkan setiap bulan guna ketertiban dan keamanan diri.

Selanjutnya, hasil sidak dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan dikembalikan lagi ke pemerintah desa untuk ditindaklanjuti, didata kembali penduduk non Permanen yang ada di Desa Bungkulan dan dibuatkan SKLD serta rutin melaporkan setiap 3 bulannya.

Babinkamtibmas mendukung dan ikut melaksanakan pengawasan terhadap penduduk yang belum permanen. Tujuannya agar terwujud penduduk tertib sehingga kemudahan pengawasan terhadap penduduk pendatang.(sgr)

Leave A Response »